Sabtu 07 Sep 2013 09:48 WIB

BPPT : Belum Ada Permintaan Melakukan Hujan Buatan

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: M Irwan Ariefyanto
Hujan Buatan
Foto: BPPT
Hujan Buatan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA- Saat ini kekeringan sudah melanda beberapa daerah di Indonesia. Namun sampai saat ini, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hujan Buatan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) belum menerima permitaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat maupun daerah untuk melakukan hujan buatan. ''Belum ada permintaan,'' kata Heru Widodo, Ketua UPT Hujan Buatan, BPPT.

Menurut Heru, pihak BNPB baru hanya sekedar bertukar informasi dan diskusi. ''BNPB sudah mulai mengontak kami dengan mengungkapkan dibeberapa daerah mengalami bencana kekeringan, tapi tidak meminta kami untuk segera bertindak,'' ujarnya.

Diungkapkan Heru, saat ini pihaknya sedang mengatasi bencana asap akibat kebakaran lahan dan hutan di empat lokasi yakni di tiga lokasi di Riau, Palembang dan Palangkaraya serta satu lokasi untuk pengisian waduk Kota Panjang, Pekanbaru, Riau dan untuk irigasi serta listrik PLTA di Danau Singkarang, Sumatera Barat (Sumbar). ''Kegiatan ini dikerjakan sampai Oktober mendatang,'' ungkap Heru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement