Jumat 06 Sep 2013 07:00 WIB

Persediaan Pangan di DIY Masih Cukup

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Didi Purwadi
Seorang petani menyemprotkan pestisida pada tanaman padi di areal sawah.
Foto: Antara
Seorang petani menyemprotkan pestisida pada tanaman padi di areal sawah.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, Sasongko, mengatakan persediaan pangan di DIY masih cukup. Tanaman padi maupun ubi kayu di DIY belum mengalami kekeringan.

''Di Kabupaten Bantul baru saja panen padi. Bahkan, saat ini masih ada tanaman padi yang masih bagus dan belum dipanen,'' kata Sasongko, kepada Republika Online, Kamis (5/9).

Bahkan, Kabupaten Gunungkidul yang termasuk terkering di DIY saat ini malah banyak yang sedang panen ubi kayu. Karena para petani baru panen, maka pada bulan September ini petani masih mempunyai stok pangan.

Sasongko yang juga Kepala Dinas Pertanian DIY mengatakan bulan September ini sebagian besar petani sedang menyiapkan tanahnya untuk ditanami padi pada saat mulai hujan. Sehingga begitu hujan turun pada bulan Oktober, petani sudah mulai menanam padi.

Bahkan pada awal Oktober, biasanya petani sudah menebar benih padi di lahan yang siap ditanami. ''Dari informasi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), pada bulan Oktober sudah mulai musim hujan.

Mudah-mudahan sesuai dengan yang telah disiapkan petani,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement