Senin 02 Sep 2013 18:51 WIB

Kondisi Pasien Suspect Flu Burung Membaik

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad
Ilustrasi vaksin flu burung.
Foto: ANTARA
Ilustrasi vaksin flu burung.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Kondisi pasien suspect flu burung , Nur Choiriyah Agustin (38 tahun) membaik. Namun pasien masih dalam perawatan intensif di RSUP Dr Sardjito.

"Sampai saat ini kami belum mendapatkan hasil sampel darah yang sudah kami kirim ke Jakarta (red. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan). Kemarin (red. Ahad, 1/9) kami mengirim sampel lagi," kata Ketua Tim Penangulangan Flu Burung dr Sumardi, SpPD(K) kepada Republika, Senin (2/9).

Menurut dia, pihaknya sudah mengirim sampel ke Kementerian Kesehatan sebanyak dua kali untuk memastikan apakah pasien terkena Flu Burung atau bukan. Sampel yang dikirim berupa cairan paru dan darah.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan DIY Daryanto Chadorie juga mengatakan pihaknya belum mendapatkan hasil pemeriksaan sampel darah pasien suspect Flu Burung yang saat ini masih dirawat di RSUP Dr Sardjito.

"Sampai sekarang saya belum mendapatkan hasilnya dari Jakarta (red. Kementerian Kesehatan)," kata Daryanto kepada Republika, Senin (2/9). 

Sebagaimana diberitakan di Republika, Senin (2/9), pasien suspect Flu Burung merupakan peneliti Pusat Sosial  Ekonomi dan Kebijakan Pertanian di Bogor.

Sejak Rabu (21/9) dia dirawat di ICU RSUP Dr Sardjito dalam kondisi tidak sadarkan diri dan sebelumnya mengalami sesak nafas.

Menurut salah seorang temannya yang tak mau disebutkan namanya, Nur orang yang giat bekerja dan tak mengenal lelah. Bahkan dalam kondisi sakit pun kadang tak dirasakan. Bila penelitian akan selesai, dia sudah merencanakan untuk penelitian yang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement