Jumat 30 Aug 2013 14:16 WIB

Pemkot Akan Memediasi Konflik Kraton Solo

Rep: edi setyoko/ Red: Taufik Rachman
Baleroto in Kemandungan Lor, the entrance of Sri Manganti compound in Kraton Surakarta, Central Java
Foto: en.wikipedia.org
Baleroto in Kemandungan Lor, the entrance of Sri Manganti compound in Kraton Surakarta, Central Java

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Pemkot akan menjadi mediator antara dua kubu internal keraton Kasunanan Surakarta yang bertikai. Upaya tersebut dilakukan untuk mengurai permasalahan yang membelit tubuh internal keraton.

Walikota Solo, Hadi Rudyatmo, pekan depan berencana mengumpulkan kerabat keraton. Tercatat 35 putra-putri keturunan mendiang Sinuhun Pakubuwono (PB) XII -- dari empat isteri -- akan dikumpulkan untuk menyelesaikan perselisihan yang yang terjadi dalam tembok keraton.

Dari kerabat yang akan dikumpulkan itu, terdapat pula Raja Sinuhun Hangabehi Paku Buwono (PB) XIII, dan Mahapatih KGPH PA Tedjowulan. ''Akan kami kumpulkan, akan mengundang pula tokoh masyarakat dan Muspida supaya bisa selesai betul,'' kata Walikota Hadi Rudyatmo, Jumat (30/8).

Pemkot Solo akan menjadi mediator antara dua kubu internal Keraton Kasunanan Surakarta yang tengah bertikai. Upaya tersebut, kata Rudy, panggilan akrab walikota, dilakukan untuk mengurai permasalahan yang membelit tubuh internal keraton.

Rencananya, pekan ini pihaknya baru mempersiapkan undangan bagi putra-putri dalem kerabat keraton. Persiapan dilakukan jauh-jauh hari. Ini mengingat, banyak kalangan kerabat keraton yang berdomisili di luar daerah.

Rudy, berharap, dalam pertemuan yang akan berlangsung di kompleks Balaikota tersebut semua kerabat bisa hadir. Ia mengharapkan dengan pertemuan itu semua masalah yang saat ini menghimpit keraton bisa dituntaskan saat itu juga.

Menyinggung kehadiran warga masyarakat di kawasan keraton pada pertemuan itu, Rudy menganggap belum saatnya melibatkan warga. ''Tidak usah melibatkan masyarakat dulu. Nanti, masyarakat dilibatkan kalau sudah Jumenengan (acara peringatan naik tahta raja,'' tambahnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement