Senin 26 Aug 2013 22:00 WIB

Pura di Karangasem Terbakar

Kebakaran (ilustrasi)
Foto: Antara
Kebakaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AMLAPURA -- Pura Dalem Gegelang, Kabupaten Karangasem, Bali, terbakar, Senin sore. Akibatnya bangunan utama di rumah ibadah umat Hindu itu hangus terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada pukul 17.00 Wita itu, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 350 juta.

Beberapa benda sakral atau "pratima" bernilai ratusan juta rupiah berhasil diselamatkan warga dari jilatan Si Jago Merah itu. Kebakaran diduga akibat pembakaran sampah oleh warga di belakang bangunan pura yang berdekatan dengan kuburan Desa Adat Gegelang, Kecamatan Manggis, itu.

Angin kencang mengakibatkan api menyambar atap bangunan pura yang terbuat dari ijuk dan mudah terbakar.

Warga berupaya memadamkan api, namun tidak membuahkan hasil. Sementara bantuan dari PMK Kabupaten Karangasem tidak kunjung datang karena lokasinya berjarak sekitar 40 kilometer dari Amlapura, ibu kota Kabupaten Karangasem.

"Karena jaraknya lebih dekat ke Klungkung, maka kami minta bantuan PMK Klungkung untuk membantu memadamkan api di Pura Dalem Gegelang," kata Kepala PMK Kabupaten Karangasem Ida Bagus Arimbawa.

Sementara itu, sampai saat ini petugas Kepolisian Resor Karangasem masih menyelidiki sebab-sebab terjadinya peristiwa kebakaran tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement