Senin 26 Aug 2013 20:18 WIB

Daerah Diminta Tanggap Soal Inflasi

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Djibril Muhammad
Gamawan Fauzi
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gamawan Fauzi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inflasi ekonomi di Indonesia diperkirakan bakal mengalami kenaikan tahun ini. Untuk itu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengingatkan kepala daerah agar menanggapi kemungkinan tersebut dengan bijaksana.

"Bupati dan wali kota sebaiknya mendalami peluang terjadinya inflasi di daerahnya masing-masing," tutur Gamawan di Jakarta, Senin (26/8).

Ia berpendapat, ketersedian bahan kebutuhan pokok masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi inflasi ekonomi. Untuk mengawasi dan mengendalikan harga kebutuhan tersebut, peran pemerintah daerah jelas sangat dibutuhkan. Di antaranya lewat menggelar operasi pasar secara rutin.

Mendagri mengungkapkan, sejak sepuluh tahun belakangan, ada beberapa daerah yang selalu tinggi inflasi ekonominya. Untuk kasus ini, ia menyebutkan Kota Sibolga di Sumatra Utara sebagai contohnya.

"Setelah diteliti, salah satu penyebabnya ternyata karena tidak lancarnya distribusi bahan kebutuhan pokok di daerah yang bersangkutan," imbuh Gamawan.

Oleh sebab itu, ia meminta supaya kepala daerah mendalamai akar persoalan yang ada di daerahnya masing-masing secara cermat. Dengan begitu, berbagai kebijakan yang diambil nantinya diharapkan dapat menjadi win-win solution.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement