Kamis 22 Aug 2013 07:56 WIB

Indramayu Gelar Lomba Adipura

Rep: Lilis Handayani/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kantor Bupati Indramayu, Jawa Barat.
Foto: geolocation.ws
Kantor Bupati Indramayu, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pemerintah Kabupaten Indramayu akan menggelar lomba adipura antardesa/kelurahan se-Kabupaten Indramayu. Hal itu dimaksudkan untuk menumbuhkan lingkungan yang bersih bagi seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu.

"Penilaian lomba adipura akan dimulai pada akhir Agustus 2013,’’ ujar Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Zakaria Joko Hartawan, Kamis (22/8).

Joko mengungkapkan, program penilaian adipura antardesa/kelurahan itu merupakan penunjang utama guna meraih kembali piala adipura kategori kota kecil yang ketujuh, untuk periode 2013-2014 mendatang.

Menurutnya, penilain itu akan memicu peningkatan mutu kualitas lingkungan di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu. Diharapkan, program penilaian adipura antardesa/kelurahan pada periode tahun 2014-2015 akan membuat Kabupaten Indramayu meraih Adipura Kencana.

Joko menjelaskan, ruang lingkup penilaian adalah seluruh lokasi desa/kelurahan di masing-masing wilayah kecamatan. Desa atau kelurahan pemenang pada masing-masing kecamatan akan dilombakan kembali untuk penilaian lomba tingkat kabupaten.

"Pelaksana penilaiannya oleh tim kabupaten,’’ tutur Joko. Sementara itu, yang menjadi objek penilaian adalah loksi perkantoran, jalan, sekolah, dan perairan terbuka.

Untuk lokasi perkantoran, yaitu kantor kelurahan/kantor kuwu, dengan indikator penilaian pengelolaan sampah, kebersihan kamar mandi dan WC, saluran drainase dan tingkat penghijauan.

Sedangkan lokasi jalan adalah jalan utama dan jalan lingkungan atau jalan desa, yang penilaiannya pada pengendalian sampah, penghijauan dan saluran drainase/saluran pembuang.

Untuk lokasi sekolah yakni sekolah SD negeri, yang menjadi indikator penilaiannya yakni pada pengelolaan sampah, kebersihan kamar mandi/WC, saluran drainase dan penghijauan.

Sedangkan, lokasi perairan terbuka yaitu sungai/kali/waduk/saluran pembuang desa dengan indikator penilaian pada pengendalian sampah, gulma, dan rumput.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement