Sabtu 17 Aug 2013 08:51 WIB

Waspadai Titik Macet Arus Balik Ini

 Sejumlah Kendaraan terjebak kemacetan cukup parah saat arus balik di Jl Raya Baru Kadungora, Kab Garut, Jawa Barat, Ahad (11/8).   (Republika/Adhi Wicaksono)
Sejumlah Kendaraan terjebak kemacetan cukup parah saat arus balik di Jl Raya Baru Kadungora, Kab Garut, Jawa Barat, Ahad (11/8). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kementerian Perhubungan menyatakan, puncak arus balik diprediksi kembali terjadi pada H+8 dan H+9 atau H+10 atau Sabtu (17/8) dan Ahad (18/8). "Karena hari libur sekolah berlangsung hingga Ahad besok, dan pegawai swasta yang mengambil cuti hingga Ahad maka kami prediksi masih akan terjadi kepadatan pada Sabtu atau Ahad besok," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Suroyo Alimoeso, kepadatan akan terjadi terutama di jalur-jalur pendek baik di jalur selatan maupun utara menuju Jakarta. Kepadatan, ujar dia, akan terjadi di jalur-jalur pendek seperti dari arah Garut, Tasikmalaya dan Bandung, Jawa Barat. Sedangkan di jalur Pantura, lanjutnya, kepadatan akan terjadi mulai dari arah Tegal dan Cirebon menuju DKI Jakarta.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2013, puncak arus balik di moda darat telah terjadi pada H+2 atau Ahad (11/8). Ketika itu, tercatat sebanyak 172.119 kendaraan yang melintas. Pasca H+2, tren frekuensi kendaraan yang melintas baik kendaraan pribadi, angkutan umum atau sepeda motor semakin menurun. Hingga Jumat (16/8) atau H+7, jumlah kendaraan yang melintas tercatat sebanyak 2.287.773 kendaraan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement