Jumat 16 Aug 2013 14:21 WIB

SBY Minta Peserta Pemilu Sportif

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih
Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Antara
Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta agar para peserta pemilu untuk berkompetisi secara sehat dan sportif. Dengan begitu, nilai-nilai demokrasi bisa dijalankan sekaligus mencegah politik yang berakhir dengan kekerasan. 

"Dalam bingkai demokrasi, kita harus memastikan bahwa para elite politik memiliki komitmen untuk berkompetisi secara sehat dan sportif. Serta pada saat yang sama bersedia pula untuk membangun konsensus demi kepentingan yang lebih besar yakni sebuah kebaikan bersama," katanya saat memberikan pidato kenegaraan, Jumat (16/8). 

Ia mengakui politik bisa memiliki wajah yang keras. Tetapi, nilai-nilai dan etika demokrasi diperlukan untuk mencegah politik berakhir dengan jalan kekerasan. Karena itu, proses dan hasil pemilu harus dikawal. 

Menurutnya, yang terpilih nantinya memiliki kewajiban untuk memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan bagi semua orang tanpa pengecualian. "Mereka yang terpilih di pemilu legislatif dan mereka yang terpilih dalam pemilihan presiden sama-sama terikat oleh tanggung jawab untuk mengutamakan kepentingan yang lebih besar di atas partai, kelompok, atau golongannya," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement