Jumat 16 Aug 2013 14:16 WIB

Banyak yang Ingin Nyapres, SBY Anggap Anugerah

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih
Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Antara
Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menganggap munculnya sejumlah nama dan wajah baru dalam bursa calon presiden merupakan keberhasilan negara untuk mendorong munculnya para pemimpin selanjutnya. Menurutnya, dengan banyaknya nama yang ingin maju menjadi calon presiden, proses estafet kepemimpinan telah berjalan. 

"Semua wajah menyiratkan hasrat yang kuat untuk memberikan yang terbaik bagi negeri ini. Sungguh ini sebuah anugerah karena negeri ini telah berhasil mendorong munculnya para calon pemimpin baru yang berkualitas dan siap melanjutkan estafet kepemimpinan di negeri ini," katanya, Jumat (16/8).

Ia mengharapkan dengan adanya wajah dan pemimpin baru tersebut bisa membawa angin segar. Tak hanya untuk kepentingan pembaruan tetapi juga kesinambungan pemerintahan. Ia meminta agar semua pihak ikut memastikan setiap calon mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk bertarung dalam pesta demokrasi. 

"Mari kita pastikan juga, agar para calon secara aktif menjelaskan visi dan misi mereka. Serta solusi yang mereka tawarkan untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa yang kompleks. Mari kita pastikan bahwa rakyat memiliki informasi yang cukup, untuk menilai para calon pemimpin mereka. Akhirnya, mari kita pastikan bahwa semua tahapan dalam proses pemilihan itu, berlangsung secara tertib dan  transparan," katanya.

Ia juga mengingatkan agar proses pemilu dan terpilihnya pemimpin baru diserahkan pada kedaulatan rakyat. Karena dalam demokrasi rakyat yang menentukan pemimpin. Bukan sekelompok orang, baik yang berkuasa mau pun pengamat dan insan pers. 

"Pada akhirnya, kita harus menghormati pilihan mereka. Mari kita bertekad untuk memperlakukan setiap suara yang diberikan rakyat sebagai sebuah dukungan sekaligus sumber kekuatan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement