Rabu 14 Aug 2013 12:53 WIB

Polisi Harus Cepat Ungkap Kasus Penembakan Misterius

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Hazliansyah
Penembakan  (ilustrasi)
Foto: Reuters/Joshua Lott
Penembakan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Komisioner Kompolnas Edi Saputra Hasibuan mengatakan, polisi harus cepat dalam mengungkap kasus penembakan misterius yang belakangan kerap terjadi. Pengungkapan kasus dengan cepat sangat penting karena memertaruhkan kepercayaan masyarakat.

"Secepatnya ungkap," kata dia, Rabu (14/8).

Edi melanjutkan, jangan sampai tingkat kepercayaan masyarakat turun karena lamanya pengungkapan pelaku dan keberulangan kejadian.

Sekitar sebulan terakhir terjadi tiga penembakan yang menargetkan pihak kepolisian. Satu polisi mengalami luka (Aipda Patah) dan satu orang (Aiptu Dwiyatna) tewas. Sementara yang terakhir penembakan menyasar kediaman keluarga polisi (AKP Tulam).

Menurut Edi, sejumlah langkah antisipasi bisa dilakukan dengan menggiatkan kembali patroli di jalan raya. Justru patroli bisa memberikan pandangan kepada para pelaku bahwa polisi tidak gentar.

"Jangan malah disuruh lepas atribut," kata dia.

Edi mengatakan, selain itu polisi juga harus menyampaikan kepada masyarakat motif penembakan tersebut. Apakah ada motif dendam atau memang rencana untuk membuat huru hara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement