Selasa 13 Aug 2013 23:37 WIB

Pengunjung KBS Capai 85 Ribu Orang

Kebun Binatang Surabaya
Foto: Surabaya.go.id
Kebun Binatang Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) hingga H+6 Lebaran masih terus berdatangan dan jumlahnya hingga Selasa ini mencapai sekitar 85.044 ribu orang.

Humas KBS Agus Supangkat mengatakan pada periode yang sama pada Lebaran lalu, pengunjung KBS tidak sebanyak tahun ini. "Pada situasi Lebaran 2012 lalu, jumlah pengunjung hanya mencapai 71.088 orang," katanya.

Menurut dia, untuk menarik semakin banyaknya pengunjung, pegelola KBS melakukan berbagai inovasi, di antaranya berupa atraksi hewan berupa gajah tunggang, atraksi aneka satwa, feeding time (memberi makan) satwa.

"Biasanya atraksi ini yang menjadi favorit pengunjung. Dan kami memprediksi Hari Raya Ketupat, akan semakin banyak pengunjung," katanya.

Sementara Direktur Utama PDTS KBS Ratna Achjuningrum mengatakan anggaran untuk KBS tahun ini diperkirakan membengkak dari Rp 5 miliar menjadi Rp 10 miliar. Anggaran yang diberikan Pemkot Surabaya pada PDTS KBS untuk perbaikan KBS sebesar Rp 5 miliar masih belum mencukupi.

"Kami memang memerlukan tambahan anggaran cukup besar untuk memperbaiki berbagai sarana dan prasarana di KBS," katanya.

Menurut dia, semua kebutuhan itu harus dilakukan karena banyaknya sarana dan prasarana yang kondisinya cukup memprihatinkan sehingga dinilai kurang bisa memenuhi kesejahteraan satwa. Mulai dari sarana penunjang pemeliharaan satwa maupun prasarana kelengkapan fasilitas untuk pengunjung KBS.

"Termasuk tambahan aneka wisata dunia bawah air yang akan dibangun di areal KBS," katanya.

Demikian juga soal sumber daya manusia di KBS masih banyak yang harus diperbaiki, di antaranya terkait kedisiplinan menjalankan tugas sebagai perawat binatang dan memenuhi segala kebutuhanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement