Selasa 13 Aug 2013 06:14 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja, 99 Persen PNS Pemda DIY Hadir

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad
Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Foto: Antara
Pegawai Negeri Sipil (PNS)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran, hampir seluruh karyawan di Lingkungan Pemda DIY hadir.

"Karena ada imbauan dari Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X supaya semua karyawan Pemda DIY masuk di hari pertama, Alhamdulillah sekitar 99 persen karyawan Pemda DIY masuk kerja, kecuali yang sakit," kata Inspektur Inspektorat  Pemda DIY Muji Raharjo di sela-sela acara open house atau Halal Bi Halal Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dengan masayarakat DIY, di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin (12/8).

Hal ini terbukti dari daftar hadir dengan elektronik yang merupakan SOP bagi karyawan Pemda DIY. Setelah karyawan melakukan absensi pertama sesuai dengan jam kerja yakni pukul 07.30 WIB.

"Setelah itu mereka lalu syawalan di SKPD masing-masing. Kemudian mereka syawalan/ halal bi halal mendampingi  Bapak Gubernur di Bangsal Kepatihan bagi yang tidak ada tugas lain," kata Muji menjelaskan.

Lebih lanjut dia mengatakan pihaknya mengambil kebijakan tidak ada yang cuti setelah Lebaran. "Sehingga kalau tidak masuk harus ada keterangan, dan selama ada keterangan diperbolehkan. Tapi kalau tidak ada keterangan tidak masuk kerja, ada peraturannya yakni mendapat hukuman ringan, sedang dan berat.

Saat ini di Pemda DIY ada sekitar 7400 karyawan dengan 34 SKPD dan sekitar 40-an UPTD. Muji sendiri mengaku saat datang ke kantor Inspertorat Pemda DIY langsung melakukan absensi, apel dan bersalam-salaman (red. syawalan) serta mengingatkan anak buah tugasnya apa.melakukan pemeriksaan di Bantul dan sebagian SKPD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement