Jumat 09 Aug 2013 20:23 WIB

Lebaran, Bandara Kualanamu Jadi Obyek Wisata Dadakan

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Hafidz Muftisany
Warga berfoto di depan Bandara Internasional Kualanamu, Jumat (9/8). Liburan Hari Raya Idul Fitri, Bandara pengganti Polonia Medan ini menjadi objek wisata dadakan.
Foto: Republika/Andi Nur Aminah
Warga berfoto di depan Bandara Internasional Kualanamu, Jumat (9/8). Liburan Hari Raya Idul Fitri, Bandara pengganti Polonia Medan ini menjadi objek wisata dadakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lebaran hari kedua biasanya dimanfaatkan warga untuk berlibur ke tempat wisata. Menariknya Bandara Kualanamu, Medan, Sumatra Utara yang baru diresmikan juga dijadikan tujuan plesir warga sekitar.

Ani Rahmadhani, warga Medan mengatakan, dia dan keluarga menuju ke Bandara Kualanamu untuk menyaksikan dari dekat suasana bandara baru tersebut. "Bukan untuk menjemput atau mengantar, niatnya memang untuk jalan-jalan," ujarnya saat dihubungi, Jumat (9/8).

Ternyata, tak hanya Ani yang penasaran. Setelah tiba di kawasan Bandara, dia menyaksikan banyak warga yang berfoto-foto. Menurutnya, tak ada petugas yang melarang warga berfoto-foto.  "Masih belum ada larangan, mungkin karena bandaranya masih baru," ujarnya.

Ani, sebetulnya bukanlah warga asli Medan. Dia dan keluarga berasal dari Makassar namun merantau ke Medan karena mengikuti suaminya yang bertugas di sana. Karena tidak mudik lebaran tahun ini, saat lebaran hari kedua, tiba-tiba muncul ide untuk jalan-jalan ke Bandara Kualanamu.

Menurutnya, banyak ‘turis lokal’ yang berdatangan ke sekitar bandara. Bahkan kata Ani, dia sempat menyaksikan deretan mobil pickup yang dipenuhi orang.

"Mobilnya dipasangi terpal agar tidak kepanasan. Mereka bawa makanan dan minuman sambil mendongak ke atas melihat pesawat yang beterbangan dari dekat," ujarnya sambil tertawa.

Menurutnya, kondisi bandara Kualanamu sangat jauh lebih besar¸bagus dan mewah dibandingkan Bandara Polonia. Ani mengatakan, cerita tentang keindahan dan kemegahannya, menjadi daya tarik tersendiri masyarakat Kota Medan maupun dari daerah sekitarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement