Rabu 07 Aug 2013 16:47 WIB

Polda Metro Jaya Giatkan Patroli Selama Lebaran

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Karta Raharja Ucu
Ditlantas Polda Metro Jaya
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ditlantas Polda Metro Jaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ditlantas Polda Metro Jaya menggiatkan patroli sebelum dan sesudah Lebaran. Patroli itu dilaksanakan untuk mengantisipasi pelanggaran lalu lintas dan penyalahgunaan jalan sebagai arena balap liar.

Sebab, selama Lebaran jalanan di Jkarta biasanya lengang. Kepala Subdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Hindarsono mengatakan, momen jalan sepi sering disalahgunakan oknum warga untuk kebut-kebutan. "Istilahnya balap liar,'' katanya, Rabu (7/8).

Hindarsono mengatakan, pihaknya akan bersikap tegas meringkus pelaku balap liar, apalagi sampai merugikan orang lain. Jika sampai mencelakakan orang lain, pelaku balap liar bisa dikenakan pasal yang lebih berat.

Hindarsono menjelaskan, saat ini pihaknya hanya akan menahan barang bukti dan memanggil orang tua yang bersangkutan bila pelaku balap liar itu masih remaja. ''Biasanya kan remaja tanggung,'' katanya.

Sebelumnya, Wakil Direktur Lalu Lintas, AKBP Sambodo Purnomo mengatakan, polisi tetap akan patroli untuk menjaga keamanan warga dalam berlalu lintas. Sebanyak 600 personel yang akan diturunkan menyebar ke berbagai titik rawan pelanggaran. ''Sekalipun jalan lengang, dan kemacetan berkurang sampai 50 persen, kita tetap jaga,'' tutur Sambodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement