Ahad 04 Aug 2013 16:54 WIB

Mensos Janjikan Perbaikan Rumah bagi Lansia Miskin

Rep: Halimatus Sa'diyah (c01)/ Red: Nidia Zuraya
Lansia (ilustrasi)
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengunjungi pasangan lansia miskin, Atika (60) dan Ridwan (83), di Jalan Kalibaru Barat 4, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Dalam kunjungannya tersebut, menteri dari PKS ini berjanji akan membantu membiayai pembangunan rumah bagi pasangan lansia yang tinggal di sebuah gubuk kumuh yang berada di atas selokan tersebut.

"Ya Insya Allah kita akan perbaiki, akan kita buat menjadi rumah panggung atau apa lah yang lebih manusiawi," ujarnya, Ahad (4/8).

Salim mengatakan, Kementerian Sosial akan memberikan dana sebesar Rp 10 juta yang bisa digunakan untuk membeli bahan-bahan bangunan seperti kayu. Sementara, untuk pembangunan rumahnya akan dikerjakan oleh masyarakat sekitar secara bergotong royong.

Ketika ditanya kapan mulai pembangunan rumahnya, dia menjawab diplomatis. "Mau besok dibangun juga bisa, asal tetangga semua siap," ujarnya.

Selain bantuan perbaikan rumah, lanjut Salim, pemerintah juga akan memberikan bantuan jaminan kesehatan. Sebab, meski miskin dan terlantar, Atika mengaku tidak memiliki kartu jaminan kesehatan.

Sementara itu, Atika mengaku sudah 23 tahun menghuni gubuk reyot yang berada di atas selokan bersama suaminya. Dia dulu pernah bekerja sebagai buruh cuci di tetangganya. Namun kini, ia menggantungkan kebutuhan sehari-hari pada anaknya. "Alhamdulilah, terimakasih pak," ujarnya saat menerima bantuan parsel dan amplop yang berisi uang tunai dari Salim.

"Kita yang berterima kasih sama ibu, karena sudah sabar 23 tahun tinggal di tempat ini. Kalau kita mungkin semalam saja sudah tidak tahan sama nyamuknya. Tapi ibu bisa bertahan selama 23 tahun di sini," tambah Salim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement