Ahad 04 Aug 2013 15:35 WIB

Widih! SPBU Di Tasikmalaya Ini Menyediakan Pemandian Air Panas

Salah satu SPBU Pertamina (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Salah satu SPBU Pertamina (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Hasanurrohmah yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya atau jalur mudik selatan Jawa Barat, sangat diminati masyarakat karena menyediakan fasilitas umum pemandian air panas alami.

"SPBU yang ada pemandian air panasnya cuma di sini, pemudik bisa beristirahat menikmati air panas alami di sini," kata Iwa Ahmad penjaga kolam pemandian air panas SPBU Hasanurrohmah di Kampung Cipanas, Desa Pamoyanan, Kecamatan Kadipaten, Ahad (4/8).

Ia menuturkan bahwa fasilitas pemandian air panas tersebut sengaja dibuat oleh pemilik SPBU tiga tahun lalu untuk umum, terutama memberi layanan kepada pengguna jalan atau pemudik. SPBU yang berada di pinggir kiri jalan dari arah Bandung itu, kata dia, sudah mulai ramai dikunjungi oleh pemudik kendaraan roda dua dan empat hanya sekedar merendamkan tubuh mereka sejenak di air hangat. "Mulai kemarin (Sabtu) sudah ramai pemudik berendam di sini," katanya.

SPBU tersebut menyediakan kolam air panas dengan luas sekitar 5x15 meter, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas kamar rendam, katanya. Selain pemandian, tambahnya, pengunjung dapat menikmati fasilitas lain seperti rumah makan, supermarket, mushalla dan sarana istirahat lainnya bagi pemudik.

Sementara itu, tersedianya pemandian air panas itu karena kawasan Kecamatan Kadipaten dan Ciawi terdapat beberapa titik sumber mata air panas alami mengandung belerang dari pegunungan Kawah Karaha Bodas, sehingga sangat mendukung sebagai salah satu objek wisata di daerah tersebut. Sepanjang jalan raya barat Tasikmalaya itu pengguna jalan dapat menikmati beberapa tempat wisata pemandian air panas lainnya dengan lahan parkir yang cukup luas, katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement