Ahad 04 Aug 2013 08:36 WIB

Miliki Taman Burung, Gembira Loka Siap Sambut Wisatawan Lebaran

Rep: Heri Purwata/ Red: Fernan Rahadi
Gembira Loka Zoo di Yogyakarta.
Foto: tourjogja.com
Gembira Loka Zoo di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Taman Burung Gembira Loka Zoo, Sabtu (3/8), dibuka Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam IX.  Pembukaan ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pelepasan burung jalak putih dan sriguntung di sangkar besar bentuk dome.

Taman burung ini menambah wahana bagi pengunjung, khususnya yang sedang berlibur Lebaran. Ada 348 ekor burung dengan 64 jenis burung dari berbagai negara.   

Dijelaskan Direktur Utama GLZoo, KMT A Tirtodiprojo, taman burung ini dibangun di atas  tanah 4.500 meter persegi. Pengerjaan dilakukan selama 10 bulan sejak awal Oktober 2012.

Tahap pertama pembangunan GLZoo Bird Park ini menghabiskan dana sebesar Rp 3,5 miliar. Sedangkan pembangunan mekanikal/elektrikal sebesar Rp 1,5 miliar. Untuk mendapatkan koleksi burung dikeluarkan dana sebesar Rp 1,5 miliar. “Bird park ini kami bangun dengan konsep natural,” kata Tirtodiprojo.    

Di area taman burung ada 31 kandang berisi sekitar 348 ekor burung dari 64 jenis burung. Di sangkar bentuk dome dan kandang lory, pengunjung bisa berinteraksi dengan burung-burung koleksi kebun binatang setempat. “Ada burung-burung lokal maupun dari luar negeri,” sebutnya.

Bird Park of GLZoo dibagi dalam sembilan area, yaitu area flamingo, elang, kandang bentuk kubah/dome, interaksi lory, paruh bengkok, cendrawasih, kolam terbuka, kandang pecuk hitam dan penguin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement