Kamis 01 Aug 2013 10:46 WIB

Toilet Portable Disebar di Jalur Menuju Pelabuhan Merak

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Karta Raharja Ucu
Toilet Umum (ilustrasi)
Foto: kenleewriters.com
Toilet Umum (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Polda Banten akan menyiapkan empat hingga lima toilet portable di jalur menuju Pelabuhan Merak. Jalur tersebut adalah jalur Cikuasa Atas sepanjang empat sampai lima kilometer.

Jalur ini berada selepas keluar gerbang tol Merak hingga menuju ke Pelabuhan Merak. "Berdasarkan pengalaman sebelumnya, terutama ibu-ibu sangat kesulitan saat ingin membuang hajat ketika terjadi kemacetan. Karena itu kami berinisiatif menyediakan toilet ini," ujar Dirlantas Polda Banten, Kombes (Pol) Slamet Hadi Supraptoyo saat ditemui usai pemaparan persiapan pengamanan Lebaran di kantor ASDP, Rabu (31/7).

Untuk mengurangi kepadatan di area pelabuhan, polisi menyiapkan skenario menghentikan laju kendaraan di Cikuasa Atas mulai H-7. Jalur sepanjang empat kilometer tersebut mampu menampung sekitar 1.600 kendaraan. Kendaraan yang menuju pelabuhan otomatis mengantre di Cikuasa Atas. Lamanya bisa berjam-jam tergantung kapasitas pelabuhan.

"Ini merupakan niat baik dari Polda Banten untuk menyediakan fasilitas bagi pemudik," kata Kepala Korlantas Polri Irjen (Pol) Pudji Hartanto.

Selain toilet, polisi juga menggelar posko di jalur itu. Para orangtua yang membutuhkan air panas untuk membuat susu bagi anaknya bisa memanfaatkan posko ini.

Puncak kepadatan pemudik diperkirakan terjadi pada H-5 atau 3 Agustus 2013 pukul 21.00 WIB. Hal itu disebabkan penumpang ingin tiba di Pelabuhan Bakauheni saat pagi hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement