Selasa 30 Jul 2013 20:28 WIB

Sistem Rujukan Pasien di Jawa Timur Tak Merata

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Fernan Rahadi
Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Soetomo
Foto: www.yustisi.com
Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Soetomo

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Sistem rujukan pasien di Jawa Timur dinilai belum merata. Hal ini disebabkan karena pasien cenderung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya.

Direktur RSUD Dr Soetomo, Dodo Anando mengatakan, hal semacam ini sudah terjadi sejak lima tahun lalu. Bahkan, dari jumlah kapasitas tempat tidur 1.472 unit, pihaknya selalu mengalami kelebihan pasien sebesar delapan persen.

"Distribusi pasien pada rumah sakit di wilayah Surabaya memang belum merata, mereka menjadikan rumah sakit ini sebagai rujukan utama," kata Dodo pada wartawan, Selasa (29/7).

Padahal, kasus yang ditangani RSUD Dr Soetomo sebagian besar persoalan penyakit yang dianggap masih bisa teratasi oleh rumah sakit lain. Menurutnya, banyak dokter yang dinilai mampu melakukan pengobatan tersebut.

Dia berharap, sistem rujukan daerah dapat segera diperbaiki. Dengan begitu, pihaknya dapat fokus menangani kasus yang tipe Serius Tiga (Darurat). Dan pasien yang datang pun adalah orang yang menderita penyakit serius.

"Bukan hanya kasus ringan seperti usus buntu, hernia dan sebagainya. Kalau itu, semua dokter bedah bisa menangani," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement