Senin 29 Jul 2013 09:37 WIB

Waspadai Mi Basah Tak Didekati Lalat

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Didi Purwadi
 Mi basah berformalin (ilustrasi)
Foto: Antara/R. Rekotomo
Mi basah berformalin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bila anda membeli mie basah di pasar dan tak ada lalat yang mendekati, maka anda perlu curiga. Karena, mie basah itu kemungkinan mengandung formalin.

''Di pasar, kami masih sering menemukan mie basah yang mengandung formalin. Kadang orang awam agak sulit mengetahui ciri-cirinya,'' kata Kepala Seksi Penyidikan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Yogyakarta, Suliyanto, kepada Republika Online, Senin (29/7).

''Tetapi, mie basah berformalin itu biasanya agak kenyal, berbau nggak segar agak nyegrak di hidung, dan biasanya lalat tidak mau mendekat,'' katanya.

Di samping itu, ada juga mie basah atau bakso yang mengandung borax. Untuk mengetahui makanan yang mengandung borax, itu secara kasat mata gak sulit.

''Biasanya kami menggunakan test kit,'' ungkap dia. ''Mie kering justru tidak ada yang menggunakan bahan berbahaya tersebut.''

Suliyanto pun mengemukakan makanan mengandung pewarna tekstil yang masih sering ditemukan adalah yang mengandung Rhodamin B. Biasanya warnanya merah bagus ke arah pink yang menyala.

''Karena warnanya yang menarik itulah, pedagang makanan masih menggunakan pewarna tekstil tersebut untuk mewarnai makanan,'' kata dia.

Makanan yang mengandung Rhodamin B berupa kerupuk dan lanting dan sejenisnya. Di samping itu, Rhodamin B juga sering digunakan sebagai pewarna minuman sirup .

''Rhodamin B untuk minuman masih kami temukan di tempat penjual minuman es buah di pinggir-pinggir jalan,'' tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement