Senin 29 Jul 2013 01:07 WIB

Waduh, Harga Ikan Ikut-Ikutan Naik

Ikan segar/ilustrasi
Foto: ralphsfreshfishmongers.com
Ikan segar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BINJAI---Harga ikan di pasar tradisional yang ada di kota Binjai, Sumatera Utara mengalami kenaikan yang cukup berarti dari harga sebelumnya. "Dalam minggu ini terjadi kenaikan harga ikan cukup signifikan," kata salah seorang pedagang ikan pasar Tavip Binjai Abdul Rahman di Binjai.

Bila hari biasanya, harga ikan gembung kuring Rp 15 ribu per kg, namun kini harganya naik mencapai Rp 30 ribu per kg, katanya. Demikian juga dengan harga ikan tongkol mengalami kenaikan dari Rp 20 ribu menjadi Rp 28 ribu per kg. Termasuk juga ikan merah naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp 25 ribu per kg.

Abdul Rahman menjelaskan kenaikan harga ikan ini karena minimnya pasokan ikan dari nelayan yang mencari ikan terutama di Langkat, dan Belawan. "Ombak tinggi sekarang ini, makanya nelayan tidak berani ke tengah laut untuk mencari ikan, mereka hanya mencari di pinggir pantai yang dangkal," kata Abdul Rahman.

Ada juga pemicu lain naiknya harga ikan ini, yaitu lonjakan harga menjelang lebaran mempengaruhi berbagai harga termasuk harga jual ikan. Dirinya juga mengaku, bahwa kenaikan harga ini mempengaruhi para pembeli sehingga omset jualnya semakin berkurang. Diperkirakan kenaikan harga ikan ini akan terus terjadi hingga lebaran mendatang, seiring dengan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement