Ahad 28 Jul 2013 09:55 WIB

TKI Sabah Pulang Kampung Bawa Uang Miliaran Rupiah

Mata uang Rupiah
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Mata uang Rupiah

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN -- Tenaga Kerja Indonesia (TKI), yang bekerja di Negeri Bagian Sabah Malaysia, pulang ke kampung halamannya selama bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah dengan membawa uang mencapai ratusan miliar rupiah.

Seorang spekulan mata uang asing (ringgit Malaysia) di Pelabuhan Tunon Taka, Makka, mengaku TKI dari Sabah yang pulang ke kampung halamannya melalui Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, selama bulan puasa Ramadhan ini diperkirakan berjumlah ribuan orang setiap hari.

Makka mengemukakan sudah menjadi tradisi bagi TKI yang bekerja di Sabah itu setiap bulan suci Ramadhan memilih pulang kampung untuk melaksanakan hari raya Idul Fitri bersama keluarganya.

Para TKI dipastikan pulang dengan membawa uang hasil pekerjaan bertahun-tahun di negeri tetangga minimal 1.000 ringgit Malaysia (RM) atau setara Rp 3.160.000 per orang.

Jika dihitung dari 1.000 TKI yang pulang melalui Pelabuhan Internasional Tunon Taka Nunukan, maka total uang yang dibawa pulang sekitar Rp 3,16 miliar per hari dengan nilai tukar 1 ringgit Malaysia setara Rp 3.160.

Namun, sebagian besar TKI yang pulang kampung itu membawa uang ringgit melebihi dari RM1.000. Bahkan, kata Makka, sebagian besar dari mereka membawa hingga puluhan ribu ringgit.

"Hitung saja, sekarang sudah memasuki hari ke 18 bulan puasa. Maka, diperkirakan uang yang dibawa TKI pulang ke kampungnya sudah mencapai ratusan miliar rupiah," ungkap Makka.

Menurut dia, dalam sehari, biasa membeli mata uang ringgit Malaysia dari TKI mencapai RM15.000 atau rata-rata RM10.000 setiap hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement