Jumat 26 Jul 2013 16:48 WIB

KAI Yogya Sediakan Dua Kereta Angkut Sepeda Motor Pemudik, Gratis

Rep: Yulianingsih/ Red: Hazliansyah
 Para pengguna sepeda motor mendaftar mudik gratis di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (18/7).    (Republika/ Yasin Habibi)
Para pengguna sepeda motor mendaftar mudik gratis di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (18/7). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta menyediakan dua rangkaian kereta api (KA) untuk mengangkut sepeda motor pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Soni Sumarsono mengatakan, dua rangkaian KA ini diberangkatkan pada 3-6 Agustus 2013. Sedangkan pada arus balik akan berangkat pada 11-14 Agustus 2013 mendatang.

"Setiap rangkaian berisi delapan gerbong khusus mengangkut sepeda motor pemudik," ujarnya, Jumat (26/7).

Diakuinya, layanan tersebut bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan akibat perjalanan jauh menggunakan sepeda motor.

"Tata caranya kita masih tunggu kabar lebih lanjut. Tapi yang jelas kapasitasnya nanti satu gerbong untuk 40 motor," jelasnya. Dengan demikian, setiap rangkaian KA bisa membawa 320 sepeda motor.

KA khusus angkutan sepeda motor ini merupakan KA dari Jakarta tujuan -Semarang dan Jakarta tujuan Solo Jebres. Masyarakat yang hendak mengakses kereta khusus ini cukup menunjukkan tiket angkutan umum yang hendak digunakan. Semisal, menggunakan bus, kereta api atau travel ke kota tujuan sesuai dengan relasi kereta pengangkut sepeda motor ini.

Tanpa dipungut biaya, masyarakat tinggal mendaftarkan sepeda motor yang akan diangkut beserta STNK dan KTP pemilik. Dengan begitu, kenyamanan dan keamanan perjalanan mudik bisa dijaga dengan. Hanya saja, prosedur dan tempat pendaftaran masih digodog bersama Kementerian Perhubungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement