Jumat 26 Jul 2013 06:06 WIB

Empat Siswa Indonesia Gondol Medali di Olimpiade Kimia

Seleksi Olimpiade Kimia
Foto: Republika/MJ03
Seleksi Olimpiade Kimia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat siswa Indonesia meraih medali dalam Olimpiade Kimia Internasional (ICHO) ke-45 yang digelar di Moskow, Rusia, 15-24 Juli 2013.

Siaran KBRI Moskow yang diterima di Jakarta, Jumat (26/7) menyebutkan dalam keikutsertaan olimpiade tersebut siswa Indonesia meraih tiga medali perak dan satu perunggu. Siswa Indonesia yang meraih medali adalah Ryan Bagus Fitradi (SMAN 81 Jakarta), Ivan Kurniawan (SMAN 1 Purwokerto), Putu Ivan Budi Gunawan (SMAN 4 Denpasar, Bali), serta Jason Mahadika Nathanael (SMAK Penabur, Gading Serpong).

Kompetisi IChO ke-45 penyelenggaraannya berlangsung Moscow State University. Kompetisi IChO ke 45 ini merupakan partisipasi Indonesia yang ke-16 dan akan diikuti 291 siswa dan siswi, dengan hanya 40 siswi dari 73 negara peserta aktif serta empat negara sebagai peninjau.

IChO merupakan kompetisi kimia tahunan tingkat dunia yang diikuti siswa SMA terbaik dari setiap negara peserta.

Dalam kompetisi ini, setiap siswa menghadapi ujian tertulis kemampuan teori pengetahuan kimia dan ketrampilan praktek masing masing selama lima jam.

Soal soal kimia yang disajikan tuan rumah khas dengan tradisi Rusia yang sangat pelik, unik dan rumit, serta memerlukan imaginasi berbasis pengetahuan kimia yang cukup dalam. Dalam soal eksperimen, selain membutuhkan ketrampilan dan kesabaran, diperlukan juga strategi yang tepat dalam pengaturan langkah dan waktu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement