Kamis 25 Jul 2013 23:14 WIB

Wagub Jabar Dorong Promosi Produk Fashion dari UMKM

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Djibril Muhammad
Deddy Mizwar
Foto: Antara
Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar memberikan dukungannya agar produk-produk fashion dari  UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Jabar bisa bersaing dengan produk luar negeri.

Untuk mendorong produk fashion UMKM dikenal, menurut Deddy, harus didukung dengan pemasaran dan promosi melalui berbagai kegiatan. Misalnya, pameran atau bazar.

"Kami mendorong ekonomi dalam bentuk koperasi dan UMKM," ujar Deddy Mizwar yang akrab disapa Demiz saat ditemui usai membuka Ramadhan Fashion Expo di Graha Manggala Siliwiangi, Kamis (25/7).

Menurut Deddy, upaya yang dilakukan pemerintah pusat dan Pemprov Jabar untuk mengembangkan UMKM salah satunya memfasilitasi dengan pemberian dana KCR (Kredit Cinta Rakyat) dengan rendah bunga. "Semestinya UMKM kita bisa berkembang," katanya.

Namun, kata dia, yang dibutuhkan UMKM bukan hanya terkait permodalan saja. Tapi, perlu ada pendampingan dan pembinaan. Sebab, pengusaha kecil membutuhkan ilmu untuk manajemen, bisnis plan, pemasaran dan promosi.

"Produk-produk kami ini sudah bagus tinggal bagaimana memasarkannya, melakukan promosi," katanya.

Kegiatan seperti bazar atau pameran seperti ini, menurut Deddy, sangat baik dalam memperkenalkan dan memperluas pasar dari produk UMKM. Melalui bazar atau pameran, ini menjadi ajang promosi dan memperluas pasar. "Mudah-mudahan terus, bahkan bisa sampai ekspor," kata Deddy.

Agar produk-produk lokal ini bisa bersaing dengan produk bermerk, Deddy, mengatakan harus ada kualitas. Sehingga masyarakat pun tak sungkan dan bangga menggunakan produk lokal.

Ketua Penyelenggara Ramadhan Fashion Expo, Megantari mengatakan, ada 98 peserta yang menjual berbagai produk-produk andalannya. Ramadhan Fashion Expo ini berlangsung mulai Kamis (25/7) sampai Ahad (28/7).

Secara resmi pameran ini dibuka ditandai pemukulan bedug oleh Demiz yang didampingi istrinya Gisela Deddy Mizwar. Dalam acara ini, ada peragaan busana dari desainer kenamaan seperti Malik Mustaram, Irna Mutiara dan Dian Pelangi.

Talkshow bersama Zaskia Adya Mecca dan Peggy Melati Sukma, siraman rohani dengan Ustad Aam Aminudin, Abu Marlo, Muhammad Assad dan Dudi Mutaqien serta hiburan dari La Luna dan HCB Voice.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement