Kamis 25 Jul 2013 09:46 WIB

Kebun Binatang Gembira Loka Siap Sambut Wisatawan Lebaran

Rep: Heri Purwata/ Red: Fernan Rahadi
Gembira Loka Zoo di Yogyakarta.
Foto: tourjogja.com
Gembira Loka Zoo di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Kebun binatang Gembira Loka (Gembira Loka Zoo) Yogyakarta telah berbenah diri untuk menyambut wisatawan Lebaran 1434 Hijriyah. Salah satu obyek kunjungan yang baru adalah Taman Burung yang memungkinkan wisatawan berinteraksi langsung dengan burung.

“Menjelang dioperasikan Taman Burung,  para perawat atau petugas  taman burung kini tengah mengupayakan agar ratusan burung lory di sangkar interaksi  bisa jinak dengan manusia. Sehingga burung-burung jenis paruh bengkok berbulu menarik itu nantinya siap berinterksi dengan pengunjung,” kata Direktur  Utama GL Zoo,  KMT A Tirtodiprojo ketika ditemui di Yogyakarta, Kamis (25/7).

Dijelaskan Joko panggilan akrab KMT A Tirtodiprojo, para perawat sedang melatih burung-burung berwarna cerah itu dengan  memberi makan sejenis bubur di dalam mengkuk.  Burung tersebut ditempatkan pada sangkar berukuran 12  x 8 meter dan nantinya pengunjung bisa berinterkasi dengan burung-burung cantik di dalam sangkar.

Taman Burung, lanjut Joko, dibangun di atas  lahan seluas 4.500 meter persegi ini menelan dana  sebesar Rp 3,5 miliar. Selain kandang burung interaksi,  juga ada kandang burung lain bentuk dome atau kubah besar yang sudah terisi burung-burung lokal bermacam jenis.

Sedangkan  di kolam berlatar bangunan gua dilepas sejumlah bebek mandarin. Kemudian di kandang berkaca diperuntukkan bagi burung pecuk atau komoran. Burung yang pandai menyelam untuk mencari ikan ini memang lebih sering berkeliaran di  sekitar pantai. Nantinya di samping kandang komaran ini ditempatkan kandang berkaca yang sepenuhnya ber-AC untuk koleksi burung penguin.

Joko mengatakan,  pihaknya juga akan melengkapi taman burung tersebut dengan koleksi penguin dan flamingo, namun hingga kini kiriman dari luar negeri belum tiba. “Kami masih menunggu datangnya burung penguin dari Singapura, dan flamingo. Yang jelas Taman Burung GL Zoo sudah siap dinikmati pengunjung pada Lebaran nanti,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement