Rabu 24 Jul 2013 17:24 WIB

Jelang Mudik, Lampu Penerang Jalan Banyak Dicuri

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Djibril Muhammad
Lampu penerang jalan
Foto: blogspot.com
Lampu penerang jalan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mudik Lebaran tahun ini, masih sepekan lagi. Namun, fasilitas pemandu untuk pemudik sudah banyak dicuri pihak tak bertanggung jawab.

Salah satu fasilitas yang banyak dicuri, adalah lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalur Lingkar Gentong yang akan menjadi lintasan pemudik dari arah Tasik ke Bandung.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jabar Deddy Taufik, Ia menerima laporan PJU yang dilengkapi solar sel beberapa raib terutama bola lampu. "Di Lingkar Gentong sejumlah PJU dicuri, ada juga yang rusak," ujar Deddy, Rabu (24/7).

Memang, kata dia, PJU tersebut tidak menjadi kendala yang berarti untuk kelancaran mudik. Sebab, jumlahnya sudah mendekati ideal.

Namun, setiap ada pencurian PJU, ia selalu berkomunikasi dengan Polsek setempat agar fasilitas yang diperlukan pemudik saat malam hari itu mendapat perhatian dan penjagaan. "Sudah kami titipkan ke Polsek setempat agar dijaga," katanya.

Deddy mengatakan, menjelang mudik lebaran ini, Dishub Jabar sudah mendapat tugas tambahan dari pusat agar menambah fasilitas PJU. Namun proses tender yang sudah digelar gagal karena alasan tertentu. "Kami saat ini terus mengupayakan agar PJU aman sampai H-10," katanya.

Selain PJU, menurut Deddy, Dishub Jabar sudah mempersiapkan sejumlah rambu-rambu penunjuk lalu lintas dan arah untuk keseluruhan Gentong. Deddy menjamin rambu-rambu akan rampung terpasang sesuai target.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement