Selasa 23 Jul 2013 09:12 WIB

Dokter Kecil Teladan Hidup Sehat dan Bersih

Dokter cilik
Foto: antara
Dokter cilik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter kecil adalah program penggerak hidup bersih dan sehat yang melibatkan peran serta masyarakat secara aktif, terutama di lingkungan sekolah melalui pendekatan kelompok teman sebaya.

"Dokter kecil juga merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan dalam meningkatkan kesehatan siswa pada anak tingkat sekolah dasar," kata General Manager Yayasan Unilever Indonesia, Sinta Kaniawati, di Jakarta, Senin (22/7).

Ia mengatakan, Lifebuoy turut merevitalisasi program dokter kecil sejak 2005 yang diinisiasi pemerintah. Menurutnya, pembinaan dokter kecil Lifebuoy merupakan upaya meningkatkan kesehatan anak Indonesia yang dinilai sangat penting dan berguna bagi masa depan mereka.

"Sebanyak 107.756 dokter kecil hasil binaan kami yang duduk di bangku Sekolah Dasar di 10 provinsi Indonesia, kini telah menjadi agen perubahan yang memberi teladan di lingkungannya," ujarnya.

Dokter Kecil SDN 08 Pondok Kopi Farah mengatakan pembinaan dokter kecil yang diikutinya memiliki manfaat yang baik bagi dirinya dan sering mengingatkan teman dan keluarga untuk tidak lupa mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk menjaga kesehatan.

Guru Pembina SDN 08 Pondok Kopi, Supandi mengatakan, sehat merupakan hal yang penting. Sebab, murid-murid bisa terus masuk sekolah dan tidak tertinggal materi pelajaran di kelas.

"Jadi, anak-anak ini bisa lebih optimal mewujudkan cita-cita mereka. Dengan adanya dokter kecil, penyampaian mengenai pentingnya cuci tangan pakai sabun di lingkungan sekolah menjadi dapat tersosialisasikan dengan baik," kata Supandi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement