Senin 22 Jul 2013 16:22 WIB

Anomali Cuaca Diperkirakan Sampai Agustus

Cuaca
Foto: Republika/Yasin Habibi
Cuaca

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat memperkirakan bahwa kemarau basah yang terjadi sekarang ini akan berlangsung hingga Agustus mendatang.

"Kemarau dengan potensi hujan kita perkirakan sampai dengan Agustus 2013 ini masih akan berlangsung," kata prakirawan cuaca dari BMKG Bandung Susiyani di Kantor BMKG Jalan Cemara Kota Bandung, Senin (22/7).

Menurutnya, anomali cuaca yang sedang terjadi sekarang karena suhu muka laut di sekitar wilayah Indonesia terutama di selatan Jawa lebih hangat dari normalnya.

BMKG memprediksikan untuk musim kemarau ini akan lebih banyak turun hujan dari biasanya. "Karena memang suhu muka laut di Samudera Hindia itu lebih tinggi dari normalnya. Otomatis suplai uap air besar. Mangkanya potensi hujannya juga tinggi," kata Susiyani.

Menurutnya, untuk beberapa tempat di wilayah Jawa Barat saat ini sedang mengalami guyuran hujan yang merata. "Bila melihat dari citra satelit memang hujannya merata. Bogor, Bandung, hampir wilayah Jawa Barat merata," kata dia.

Sedangkan BMKG memantau kecepatan angin saat ini masih tergolong dalam kategori normal. "Arah dan kecepatan angin masih normal," kata Susiyani menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement