Jumat 19 Jul 2013 20:01 WIB

PRT Lumpuh Ditelantarkan

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Djibril Muhammad
PRT
PRT

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Seorang pembantu rumah tangga (PRT) di Sumur Wangi, Tanah Sareal Bogor, yang menderita lumpuh, tega ditelantarkan warga sekitar. Wanita bernama Nurhayati itu kemudian dibawa warga yang iba ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsoskertrans) Kota Bogor.

Dinsos lalu merujuk Nurhayati ke Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa Parung Bogor. Sejak masuk pada 28 Juni lalu hingga kini sembuh, Dinsos belum membawa kembali Nurhayati.

Pihak RST Domper Dhuafa yang telah merawat Nurhayati selama dua pekan, bermaksud mengembalikan Nurhayati ke Dinsoskertrans Kota Bogor.

"Hingga hari ini Dinsoskertrans mengatakan belum akan mengambil pasien. Mereka meminta waktu 2 atau 3 hari lagi untuk mencari panti untuk menampung pasien," kata Fia Fariha, Humas RST Dompet Dhuafa, Jumat (19/7).

Pengalihan perawatan Nurhayati dilakukan karena RST Dompet Dhuafa belum memiliki tempat penampungan bagi Nurhayati atau pasien lain yang serupa. Selain itu, Fia menegaskan fakir miskin dan terlantar adalah tanggung jawab negara, dalam kasus ini Dinsoskertrans Kota Bogor.

Fia menuturkan, Dinsoskertrans sudah mengecek lokasi alamat di KTP Nurhayati. Namun, pemilik kontrakan tidak bersedia menerima Nurhayati kembali. Ia juga mengatakan majikan Nurhayati pun tidak bisa menerima mantan PRT-nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement