Selasa 16 Jul 2013 01:13 WIB

Wuih, Kambing Pun Bertebaran di Wilayah Ini

Kambing (ilustrasi)
Foto: Antara/Septianda Perdana
Kambing (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT---Populasi ternak kambing di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, saat ini mencapai 143.856 ekor yang tersebar di 23 kecamatan, termasuk di wilayah pesisir pantai. "Perkembangan populasi ternak kambing cukup meningkat terutama di wilayah perkebunan," kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Langkat Muhammad Tambeng di Stabat, Senin.

Pada kawasan perkebunan, baik milik negara maupun swasta perkembangan ternak kambing di kawasan itu terus meningkat. "Daerah tersebut merupakan sentra produksi kambing di Langkat," kata Tambeng.

Seperti di Kecamatan Secanggang, populasi kambing mencapai 12.310 ekor dan krecamatan Salapian tercatat 11.074 ekor, karena ada perkebunan swasta di sana, katanya. Menyusul beberapa kecamatan yang juga dikelilingi perkebunan. "Ini menunjukkan kawasan pantai juga sangat potensial bagi pengembangan ternak kambing dikemudian hari, dan kini sedang terus dilakukan uji coba," ujarnya.

Khusus domba ini untuk wilayah pesisir pantai nampaknya kurang atau tidak sesuai dengan perkembangan domba. "Terbukti perkembangannya di pesisir pantai sangat kurang, kalaupun ada cuma sedikit saja, seperti di Pangkalan Susu, dan Brandan Barat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement