Sabtu 13 Jul 2013 02:10 WIB

Usaha Penggemukan Domba Dinilai Potensial

Domba/ilustrasi
Foto: premier1supplies.com
Domba/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pandeglang Winarno menyatakan usaha penggemukan domba di daerah itu cukup potensial karena itu akan terus dikembangkan.

"Ternak domba merupakan salah satu fokus kita. Ada dua pengembangan yang dilakukan, yakni budidaya dan penggemukan," katanya di Pandeglang, Jumat (13/7).

Untuk budidaya, kata dia, difokuskan di Kampung Cinyurup, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung, sedangkan penggemukan di Desa Sindang Sari, Kecamatan Menes dan usaha ini telah berlangsung cukup lama.

Warga Sindang Sari, kata dia, membeli anak domba kemudian dipelihara, setelah dewasa dan badannya gemuk dijual lagi. Domba yang dibeli seluruhnya pejantan, dengan pertimbangan selain cepat laku harganya juga relatif lebih mahal.

Mengenai dukungan yang diberikan pemerintah, menurut dia, dalam bentuk pendampingan dan pemeriksaan kesehatan ternak.

"Kita terus melakukan pendampingan, mulai dari cara mengurus domba hingga perawatan kesehatan. Tim secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan domba," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, terus mendorong usaha peternakan domba, baik penggemukan seperti yang dilaksanakan warga Sindang Sari, maupun pengembangbiakan.

Sebagai bentuk dukungan itu, kata dia, pada 2013 akan menyalurkan bantuan bagi kelompok peternak domba guna mendorong pengembangan ternak hewan besar di daerah tersebut.

Khusus untuk kelompok peternak domba, kata dia, telah dialokasikan dalam APBD 2013 untuk pembelian 286 domba yang akan disalurkan pada 26 kelompok peternak, dan setiap kelompok akan diberi 11 ekor.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement