Rabu 10 Jul 2013 15:50 WIB

Awal Puasa, Stok Labu Darah Sukabumi Aman

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Djibril Muhammad
Labu Darah
Foto: antara
Labu Darah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Stok labu darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi dinilai mencukupi kebutuhan warga saat bulan puasa. Hal ini disebabkan persedian labu darah saat ini mencapai sebanyak 640 labu.

"Stok darah aman di awal puasa," ujar Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Sukabumi, Sri Suharti, kepada wartawan, Rabu (10/7). Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan labu darah.

Menurut Sri, pada saat puasa jumlah pendonor darah memang akan berkurang dibandingkan sebelumnya. Sehingga PMI melakukan beberapa kegiatan donor darah menjelang puasa beberapa waktu lalu.

Sri mengatakan, sumbangan donor darah ini bersumber dari sejumlah elemen masyarakat maupun pendonor rutin. Stok labu darah tersedia untuk semua golongan darah.

Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Ayi Abdullah menambahkan, setiap harinya permintaan darah di Kabupaten Sukabumi mencapai sebanyak 30 hingga 40 labu. Pada saat tertentu pemintaan tersebut tidak bisa dipenuhi karena PMI kekurangan stok.

Dampaknya, ujar Ayi, masyarakat harus mencari labu darah ke daerah lain. Kondisi ini jelas menyulitkan masyarakat.Ke depan, kata Ayi, PMI tengah mengupayakan pembangunan bank darah di sejumlah rumah sakit di daerah selatan Sukabumi.

Keberadaan bank darah ini untuk mempermudah warga dalam memperoleh labu darah. Selama ini warga harus datang ke Kantor PMI yang ada di Kota Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement