Selasa 09 Jul 2013 18:18 WIB

Mentan: Kenaikan Harga Daging Ayam Tak Wajar

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih
 Mentan Suswono
Foto: Republika
Mentan Suswono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mentan Suswono mengakui kenaikan harga daging ayam tidak wajar. Kenaikan tersebut dipicu oleh naiknya harga bibit ayam (day old chick/DOC). Semula, harga DOC hanya Rp 4 ribu tetapi naik hingga Rp 6 ribu. "Alasan peternak harga DOC-nya terlalu mahal. Kenaikan harga daging ayam ini sudah tidak wajar saya kira,” katanya, Selasa (9/7). 

Suswono mengatakan kementerian akan mendalami masalah kenaikan harga DOC ini. Termasuk memanggil para produsen DOC dan meminta agar para pengusaha tidak terus menaikkan harga. "Ini kan DOC hanya perusahaan tertentu yang menjual. Kami harap pelaku usaha menjalankan etika bisnis," kata Suswono.

Ia meminta agar masyarkat tidak panik dengan kondisi tersebut. Sebab, stok daging sapi tidak kekurangan dan cukup. Kalau pun ada kekurangan, bukan daging ayam tetapi cabai dan bawang merah. Tetapi, Suswono pun menegaskan akan berupaya agar kebutuhan tetap dipenuhi. Caranya, pemerintah akan mempercepat importasi. Apalagi importasi untuk cabai dan bawang merah sudah mendapatkan rekomendasi dan izin. 

Menurutnya, importasi harus dilakukan sebelum masa panen terjadi pada Agustus mendatang agar tidak merugikan petani. Kemendag mencatat rata-rata harga daging ayam nasional pada pekan ini mencapai Rp 31.827 per kilogram. Harga ini berarti naik 20,58 persen dari rata-rata harga daging ayam nasional pada 10 Juni 2013 lalu yang masih Rp 26.393 per kilogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement