Selasa 09 Jul 2013 17:12 WIB

Dumai Klaim Berhasil Atasi Kebakaran Hutan

Titik api akibat kebakaran hutan.
Foto: ANTARA FOTO
Titik api akibat kebakaran hutan.

REPUBLIKA.CO.ID,DUMAI--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, Riau, mengklaim kondisi udara kota tersebut telah membaik dan terbebas dari kabut asap karena kebakaran lahan berhasil diatasi.

"Saat ini di Dumai tidak ada lagi titik api karena kebakaran lahan telah dipadamkan, sehingga keberadaan kabut asap juga telah banyak berkurang," kata Kepala BPBD Kota Dumai, Noviar Indra Putra di Dumai, Selasa.

Dia menjelaskan, Dumai sudah nihil dari kebakaran lahan yang marak beberapa waktu lalu, juga dapat dilihat dari tidak adanya titik api terpantau dari satelit NOAA-18.. "Pantauan satelit NOAA-18 pada Senin kemarin titik api nihil dan hujan terus mengguyur, dan mudah-mudahan tidak ada lagi kebakaran terjadi," harapnya.

Sementara, Dandim 0303 Dumai-Bengkalis Letkol (Inf) Sukirman Sulaeman diwakilkan kepada Kasdim Mayor (Inf) M Bahrodin membenarkan upaya pemadaman kebakaran lahan di wilayah Dumai telah berhasil memadamkan titik panas melalui jalur darat dan udara.

"Laporan dari Koramil di semua wilayah yang mengalami kebakaran lahan menyebutkan saat ini memang sudah tidak ada lagi titik api," ujarnya.

Kendati begitu, meski kebakaran lahan tampak sudah padam, namun sejumlah tentara masih disiagakan untuk memantau perkembangan api yang bisa saja kembali berkobar karena berada di wilayah lahan bergambut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement