Jumat 05 Jul 2013 07:39 WIB

Bantuan untuk Korban Aceh Terus Disalurkan

Rep: Fenny Melisa/ Red: A.Syalaby Ichsan
 Sejumlah warga korban gempa berada ditempat pengungsian sementara di Desa Blang Mancom, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Senin (2/7).
Foto: Antara/Rahmad
Sejumlah warga korban gempa berada ditempat pengungsian sementara di Desa Blang Mancom, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Senin (2/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemenuhan kebutuhan dasar bagi para korban dan pengungsi gempa Aceh diberikan oleh pemerintah daerah. Kebutuhan dasar yang diperlukan untuk penanganan pengungsi dipenuhi dengan membelanjakan barang dan kebutuhan di daerah atau di kabupaten/kota sekitarnya.

"Sebab sebagian besar toko dan pasar di Kabupaten  Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah masih berjalan," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (4/7).

Sutopo menuturkan bantuan logistik terus didistribusikan. BPBA Aceh dan instansi terkait kemarin (Rabu 3/7) memberikan bantuan kepada BPBA Bener Meriah dan BPBA Aceh Tengah. 

Bantuan yang diberikan ke Aceh tengah berupa beras 1,5 ton, mie instan 210 dus, air mineral 210 dus, minyak goreng 180 kg, sarden 180 buah, saus sambal 192 buah, gula 1.050 kg, kecap 192 buah, selimut 200 lembar, kelambu 100 lembar, dan daster/pakaian wanita 400 lembar.

Bantuan yang sama diberikan kepada Besar meriah berupa beras 1,5 ton, mie instan 210 dus, minyak goreng 180 kg, sarden 240 buah, saus sambel 240 buah, gula 1.050 kg, kecap 240 buah, selimut 200 lembar, dan kelambu 189 lembar.

 Sementara itu, Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah telah mengeluarkan masing-masing 2 ton beras untuk penanganan awal dan Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan barang berupa beras 30 ton, sarden, tenda gulung, tenda family, tenda pengungsi, matras dan genset dengan nilai total bantuan sebesar Rp 2,1 miliar.

 Kebutuhan mendesak yang diperlukan bagi pengungsi saat ini adalah tenda, selimut, tikar/karpet/matras, pakaian, dan sembako. Bantuan dapat disalurkan langsung ke BPBA Bener Meriah dan BPBA Aceh Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement