Kamis 04 Jul 2013 23:32 WIB

350 Anak di Bandung Ikut Kesehatan Gratis

Rep: Lingga Permesti/ Red: Djibril Muhammad
Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan Gratis, kepada warga sekitar perumahan Taman Sentosa Cikarang, Ahad (20/11).
Foto: Foto-foto: Hasan Syafrudin
Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan Gratis, kepada warga sekitar perumahan Taman Sentosa Cikarang, Ahad (20/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sekitar 350 anak-anak di kawasan Margasuka Kecamatan Babakan Ciparay Bandung mengikuti program pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan Yayasan Ronald McDonald House (YRMHC). 

Warga terlihat antusias memeriksakan anak mereka. Sebut saja Puji Astuti (27 tahun) asal Margasuka yang merasa terbantu dengan kegiatan ini.

"Alhamdulillah anak dapat diperiksa dan dapat vitamin gratis," kata dia di restoran McDonald Kopo Bandung, Kamis (4/7).

Kepala Bidang Pencegahan dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, dr. Riantini menyambut baik kerja sama dengan YRMHC. Sebab, warga yang sulit dijangkau imunisasi antusias untuk datang dan melihat tim Ronald McDonald Care Mobile.

"Dengan kegiatan seperti ini, kami terbantu untuk meningkatkan kesehatan dan cakupan imunisasi serta ibu hamil di  Kabupaten Bandung," ujar dia.

Berbagai program dilakukan YRMHC, di antaranya melalui Ronald McDonald Care Mobile sejak Juni 2012. Program ini berhubungan langsung dengan peningkatan kesejahteraan anak melalui kendaraan operasional untuk menjangkau daerah-daerah sasaran. Kendaraan operasional ini dilengkapi peralatan medis, ruang pemeriksaan dan obat-obatan serta vitamin.

Manager Marketing Communication YRMHC, Rini T. Wardani mengungkapkan, kegiatan kesehatan di mobil ini dibantu oleh empat orang dokter, bidan dan sopir. Secara keseluruhan, program mobil kesehatan ini sudah melayani kesehatan di enam titik Kota Jakarta, Sukabumi dan Bandung.

Koordinator Ronald McDonald Care Mobile, dr.Meita Hairunnisa mengatakan, gerakan yang dilakukan YRMHC sangat penting bukan hanya untuk mengobati, tapi memberi hak-hak anak agar sehat. "Agar nantinya anak-anak Indonesia jadi anak-anak yang tangguh," ujar dia.

Untuk di Bandung, masyarakat dianggap sangat antusias dalam mengikuti program kesehatan. Ia berharap, lebih banyak yayasan yang mau datang ke daerah-daerah yang akses terhadap kesehatannya sangat sulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement