Kamis 04 Jul 2013 23:59 WIB

RSCM Buka Unit Pelayanan Terpadu Kesehatan Mata

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih
RSCM Jakarta
Foto: poskota
RSCM Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- RSCM membuka unit pelayanan terpadu kesehatan mata. Unit bernama RSCM Kirana tersebut didirikan khusus untuk kesehatan mata dan diharapkan bisa menjadi rumah sakit mata yang terkemuka di Asia Pasifik. Pembukaan UPT Mata RSCM Kirana dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kamis (4/7). 

Dalam sambutannya, SBY meminta agar UPT Mata tersebut bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi angka kebutaan di tanah air masih cukup tinggi. Kebanyakan penyebabnya tak lain penyakit katarak. "Setiap tahun cenderung meningkat karena keterbatasan pelayanan kita dalam menjangkau operasi katarak dan kurangnya ketersediaan jumlah spesialis penyakit mata," katanya, Kamis (4/7).

Ia pun memberikan harapan penuh kepada UPT Mata RSCM Kirana untuk melakukan langkah nyata melayani dan mengatasi persoalan kesehatan mata. Ia juga berharap agar unit baru tersebut bisa meningkatkan kualitas dan memperluas akses pelayanan penanganan penyakit mata, khususnya bagi masyarakat miskin. 

"Kita juga bisa mencapai tujuan itu dengan meningkatkan sosialisasi penyakit mata di kalangan masyarakat. Utamanya dengan pola hidup sehat, pelestarian lingkungan, dan kebiasaan konsumsi makanan bergizi," katanya. 

SBY juga menyatakan, mendukung penuh keinginan UPT Mata RSCM untuk menjadi salah satu pelayanan kesehatan mata terbaik di Asia Pasifik di 2014. "Saya tunggu datangnya kabar baik ini tahun depan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement