Kamis 04 Jul 2013 17:21 WIB

Gubernur Jabar Serahkan 1.015 Traktor untuk Petani

Rep: lilis handayani/ Red: Taufik Rachman
Traktor tangan, ilustrasi
Foto: mesinindustri
Traktor tangan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Pemerintah Provinsii Jawa Barat memberikan bantuan 1.015 buah traktor kepada sejumlah gabungan kelompok tani (Gapoktan) se-Jawa Barat. Diharapkan, bantuan tersebut dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

Bantuan disampaikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, di UPTD Balai Pengembangan Benih Palawija di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Kamis (4/7).

Heryawan mengungkapkan, petani membutuhkan kecepatan dalam mengolah lahan. Jika dilakukan secara tradisional, maka akan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, musim tanam dan panen menjadi tidak serempak sehingga mengundang serangan hama. ‘’Dengan adanya traktor, maka pengolahan lahan akan lebih cepat, efektif, serentak musim tanam dan panen, dan bisa menghindari serangan hama,’’ ujar Heryawan.

Heryawan menyatakan, bantuan traktor tidak berhenti saat ini saja. Dia menyatakan, akan memberikan 5.000 unit traktor lainnya kepada para petani di Jawa Barat. Ditargetkan, bantuan traktor lanjutan itu akan dibagikan tahun depan.

Heryawan menambahkan, selain sarana produksi, bantuan yang diberikan Pemprov Jabar juga berupa bantuan moneter. Seperti pinjaman modal usaha yang bunganya lebih ringan dibandingkan dengan bunga bank saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement