Rabu 03 Jul 2013 22:21 WIB

Populasi Harimau Sumatra Tersisa 250 Ekor

Rep: Maspril Aries Maspril Aries// Maspril Aries// Maspril Aries / Red: Citra Listya Rini
Harimau Sumatra
Foto: rimanews.com
Harimau Sumatra

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Populasi harimau sumatra yang tersebar pada beberapa hutan di Sumatra terus menurun. Forum Harimau Kita (FHK) melansir hewan dengan nama latin panthera tigris sumatrae itu diperkirakan berjumlah sekitar 250 ekor.

Hariyo T Wibisono pembina Forum Harimau Kita mengatakan populasi raja hutan tersebut terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Pada 1978 jumlahnya mencapai 1.000 ekor, kemudian 1987 berkurang menjadi 500 ekor.  

Pun, 1992 populasi harimau sumatra bertahan sekitar 500 ekor dan terakhir pada tahun 2010 jumlahnya tersisa 250 ekor. 

"Namun, sampai kini kami belum bisa memastikan angka pasti dari jumlah populasi harimau sumatra yang masih berkembang dan bertahan hidup di tengah gencarnya aktivitas perburuan," kata Hariyo, Rabu (3/7).

Untuk melindungi populasi hewan raja hutan yang terus berkurang tersebut, Zoologi Social of London mengajak pemuda turun tangan lewat patroli pengawasan harimau yang diberi nama tiger heart.

Dalam pelatihan investigasi perdagangan satwa liar tersebut puluhan mahasiswa pencinta alam dilibatkan dalam upaya melestarikan harimau sumatra. 

"Keterlibatan generasi muda dalam melestarikan harimau berdampak positif mendukung konservasi satwa dilindungi yang kini jumlahnya semakin menurun," ujar Hariyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement