Rabu 03 Jul 2013 20:29 WIB

Menlu Marty: PM Kevin Rudd-Presiden SBY akan Bahas Perkembangan Bilateral

Rep: Esthi Maharani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perdana Menteri Australia, Kevid Rudd akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. Keterangan itu disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa.

Diperkirakan, Rudd akan tiba di Indonesia pada Kamis sore (4/7). Meski tiba ditanah air esok hari, kedua kepala pemerintahan baru akan bertemu pada Jumat (5/7) di Istana Bogor.

Marty mengatakan kunjungan PM Australia ini merupakan pertemuan tahunan yang selama ini hampir rutin dilakukan Indonesia dan Australia. Terakhir, pertemuan kedua negara  dilakukan di Darwin. Kala itu, Presiden SBY bertemu dengan Julia Gillard yang masih menjadi perdana menteri Australia.

“Pertemuan ini sifatnya mengkaji dan mengevaluasi perkembangan yang telah dicapai sejak pertemuan terakhir PM dan presiden pada Juli tahun lalu di bidang investasi dan perdagangan,” katanya saat ditemui di kompleks istana kepresidenan, Rabu (3/7).

Menlu juga menyinggung sejak 2011-2012 terjadi peningkatan sangat pesat investasi Australia di Indonesia,kurang lebih 700 persen. Ia menyebut peningkatan tersebut sangatlah positif.

Agenda pertemuan, ungkap Menlu Marty, akan membahas paya peningkatan hubungan  kedua negara. “Di samping itu, tentu ada masalah-masalah lain yang akan dibahas. Presiden siap untuk membahas masalah-masalah itu. Mungkin Australia akan membawa masalah yang jadi kepentinggan mereka,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement