Rabu 03 Jul 2013 21:00 WIB

Jerman Bantu Perbaharui Lukisan Raden Saleh

Salah satu lukisan Raden Saleh
Salah satu lukisan Raden Saleh

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Pemerintah Republik Federal Jerman bekerja sama dengan Yayasan Hasyim Djojohadikusumo membantu restorasi sejumlah lukisan karya maestro Raden Saleh yang berada di beberapa istana negara.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti mengatakan, sejumlah lukisan yang akan direstorasi tersebut berada di Istana Tampak Siring, Yogyakarta, dan Istana Bogor.

"Kondisi beberapa lukisan karya Raden Saleh tersebut saat ini sangat memprihatinkan," katanya usai menyaksikan penandatangan kerja sama pemberian bantuan untuk pelestarian Candi Borobudur, antara Pemerintah Jerman dengan Unesco di pelataran barat Candi Borobudur, Magelang, Rabu (3/7).

Ia mengatakan, lukisan Raden Saleh di beberapa istana negara tersebut akan dibawa ke Istana Bogor untuk dilakukan restorasi. "Pada tahap pertama, ada lima lukisan akan direstorasi. Mungkin restorasi akan selesai dilakukan dalam waktu sekitar tiga minggu. Kemudian baru ditentukan untuk tahap berikutnya," katanya.

Dua restorator dari Jerman tersebut, kata Wiendu, sudah datang sejak Jumat (28/6). "Dua restorator sudah datang, mungkin lusa sudah mulai bekerja. Nanti setelah setengah proses akan dibuka untuk media dan mahasiswa agar restorasi bisa dilihat," katanya seraya mengatakan ada sekitar 17 lukisan yang akan direstorasi. Setelah itu kemungkinan ada restorasi lukisan karya maestro lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement