Rabu 03 Jul 2013 15:25 WIB

SBY Instruksikan Tangani Gempa Aceh

Rep: Esthi Maharani/ Red: Fernan Rahadi
Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Antara
Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menerima laporan terkait gempa yang terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam. Presiden pun menginstruksikan kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif untuk segera menangani bencana tersebut.

“Semalam, bapak (SBY) telah menginstruksikan kepada Kepala BNPB untuk melakukan upaya dan langkah-langkah yang diperlukan, utamanya penyelamatan korban bencana di Aceh,” katanya, Rabu (3/7).

Ia mengatakan berdasarkan informasi setelah gempa terjadi, BNPB langsung bekerja dan melakukan tindakan evakuasi dan pertolongan kepada masyarakat yang menjadi korban. Termasuk berkoordinasi dengan BNPD dan jajaran Pemda.

“Bilamana diperlukan akan diturunkan TNI dan Polri, sesuai instruksi presiden mereka akan siap membantu dalam setiap bencana yang terjadi di seluruh Indonesia,” katanya.

Julian mengatakan hingga saat ini belum ada rencana Presiden SBY  berkunjung ke Aceh. Sebab, laporan terakhir, kondisi sudah bisa ditangani dan berlangsung normal meskipun memakan korban.

Yang terpenting, lanjutnya, Presiden sudah menginstruksikan kepada menteri terkait untuk saling berkoordinasi dan membantu sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang mengalami gempa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement