Rabu 03 Jul 2013 08:39 WIB

Musim Liburan, Penumpang Padati Kapal Selat Sunda

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dewi Mardiani
Sebuah kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry melintas di jalur masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
Foto: Antara/Kristian Ali
Sebuah kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry melintas di jalur masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Musim liburan sekolah dan kuliah, penumpang dari berbagai kota di Sumatra memadati Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Rabu (3/7). Mereka ada yang berlibur dan banyak juga yang ingin mencari sekolah di Pulau Jawa.

Kondisi ini terpantau dari kendaraan pribadi asal kota di Sumatra, yang masuk area pelabuhan ujung selatan Pulau Sumatra. Hal sama juga ada yang menggunakan bus angkutan umum secara estafet ke Pelabuhan Merak, Banten.

Manejer Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP-IF) Cabang Bakauheni Lampung,  Heru Purwanto, membenarkan terjadi lonjakan arus penumpang dan kendaraan yang melintas di Selat Sunda. "Ada lonjakan penumpang dan mobil pribadi musim liburan sekolah," katanya.

PT ASDP-IF mencatat untuk bus saat ini minimal mencapai 350 kendaraan. Sedangkan mobil pribadi mencapai 2.500 kendaraan per hari.

Peningkatan jumlah  kendaraan bus dan mobil pribadi tersebut akan melonjak lagi pada malam hari. Selain itu, mobil bus pariwisata juga banyak yang melintas menggunakan kapal feri (roll on roll off/roro). Bus-bus khusus ini memasangan spanduk di kedua sisi bus, dengan berbagai tujuan. Baik yang berisi kunjungan liburan siswa dan mahasiswa, juga rombongan ibu-ibu pengajian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement