Selasa 02 Jul 2013 21:32 WIB

PBNU Dukung Saifuddin Zuhri Jadi Pahlawan Nasional

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendukung apabila Kiai Haji Saifuddin Zuhri disahkan menjadi pahlawan nasional.

"KH Saifuddin Zuhri merupakan salah seorang yang turut memberi kontribusi tenaga dan pikirannya dalam perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah," kata ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj di Jakarta, Selasa (2/7). Dalam acara "Seminar Perjuangan dan Pengabdian KH Saifuddin Zuhri sebagai pahlawan nasional" tersebut, dia mengatakan Saifuddin memiliki jiwa kesederhanaan dan tanggung jawab kemanusiaan kepada umat.

Sebelumnya, sejumlah figur nasional telah memberikan dukungan atas pengukuhan Saifuddin Zuhri menjadi pahlawan nasional, seperti Mahfud MD, Din Syamsuddin, Tarmizi Taher, dan mendiang Taufiq Kiemas.

Pascakemerdekaan Indonesia, Belanda tidak tinggal diam Nusantara sebagai kawasan koloni Hindia-Belanda lepas begitu saja. Sehingga mereka berusaha kembali menguasai wilayah-wilayah penting di Indonesia seperti Semarang, Ambarawa, dan Magelang.

Pada akhir tahun 1945, KH Saifuddin Zuhri menjadi pemimpin Hizbullah yang berafiliasi dengan Tentara Keamanan rakyat (TKR), kini TNI, untuk mengusir Belanda yang kembali ke Indonesia bersama tentara Sekutu. Selain itu, dia bekerja sama dengan sejumlah pahlawan nasional dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, seperti Jenderal Sudirman, Jenderal A Yani dan M Sarbini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement