Ahad 30 Jun 2013 12:43 WIB

56 Titik di Jabar Rawan Macet Parah

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Djibril Muhammad
Kemacetan di Bandung (ilustrasi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Kemacetan di Bandung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) telah mengindentifikasi 56 titik kemacetan parah yang bisa menghambat jalur mudik Lebaran 2013 ini.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jabar Deddy Taufik, pihaknya sudah memberikan gambaran titik kemacetan tersebut kepada Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu.

"Ada 56 titik kemacetan di Jabar, itu terbagi di lintasan Pantai Utara, Selatan dan Tengah," ujar Deddy kepada wartawan, Ahad (30/6).

Menurut Deddy, dari ke-56 titik tersebut pemerintah pusat mengarahkan agar Simpang Jomin, Purwakarta adalah titik utama yang harus mendapat perhatian ekstra. Simpang Jomin dinilai akan menjadi simpul utama yang bisa mengurai kepadatan kendaraan menuju Jawa Tengah.

"Kami sudah menyiapkan sejumlah opsi bersama Dirlantas kalau Jomin kena macet parah," katanya.

Menurut Deddy, kendaraan yang menumpuk di Jomin akan diurai menuju ke sejumlah rute yang bisa mengurangi kemacetan. Sementara di titik tengah, fokus akan dikonsentrasikan di jalur Cileunyi-Nagrek-Gentong Tasikmalaya.

Jalur Lingkar Gentong yang saat ini masih ditutup dipastikan akan dioperasikan untuk mengatasi kemacetan.

"Menteri PU sudah menjanjikan akan dioperasikan. Baru dipakai lebaran tahun lalu, sekarang sedang ada perbaikan, Pak Menteri sudah menjanjikan itu akan selesai dan bisa digunakan. Begitu juga di jembatan Eretan, Indramayu juga akan segera diselesaikan awal puasa," katanya.

Berdasarkan hasil pemetaan Dishub Jabar, kata dia, simpul rawan kemacetan di Jabar, terbagi menjadi 3 bagian. Di wilayah Utara, titik yang tergolong rawan adalah Cikopo, Simpang Jomin, Pasar Sukamandi, Pasar Patrol, Pasar Lohbener, Pasar Karang Ampel.

Sementara di wilayah Tengah adalah Simpang Taman Safari, Parungkuda, Cibadak Cisaat, Ciawi, Cipanas, Perempatan Selakopi, Pasar Cianjur, Ciranjang, Rajamandala, Padalarang, Tanjungsari, Cimalaka, Simpang Cijelag, Rajagaluh, Palimanan.

Kemudian, di wilayah Selatan adalah Simpang Parakanmuncang, Pasar/ Terminal Limbangan, Pasar Lewo, Pasar/ Terminal Malangbong, Simpang Pamoyanan, Pasar/ lintas sebidang Kadungora, Pasar Leles, Pasar Singaparna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement