Ahad 30 Jun 2013 13:36 WIB

Hujan Padamkan Belasan Titik Api di Riau

Titik panas kebakaran hutan di Sumatra
Foto: ANTARA
Titik panas kebakaran hutan di Sumatra

REPUBLIKA.CO.ID,PEKANBARU--Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang terjadi hampir merata di seluruh wilayah Riau berhasil memadamkan belasan titik api dan kini menyisakan sebanyak tujuh titik kebakaran kecil.

"Menurut pantauan tim survei udara, masih ada sekitar tujuh titik kebakaran kecil di Riau. Berada di Kota Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Pelalawan," kata juru bicara BNPB Dr. Agus Wibowo kepada Antara di Posko Satgas Penanggulangan Bencana Asap Provinsi Riau, Pekanbaru, Minggu.

Tujuh titik kebakaran kecil tersebut, kata Agus, masing-masing berada di Kecamatan Tempuling, Kuala Kampar, Mandau, Tanah Putih, Bukit Kapur, Bangko, dan Kecamatan Kubu.

Menurut pantauan satelit Terra dan Aqua yang dirilis oleh Bdan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan seluruh titik api telah padam. Menurut Agus yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Perdataan BNPB, pantauan satelit tersebut bisa jadi tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

Sampai pagi tadi, kata Agus, tim survei masih mendapati adanya tujuh titik kebakaran lahan dengan kawasan lahan yang terbakar tidak begitu luas.

Mungkin saja, kata dia, titik-titik kebakaran lahan yang kecil-kecil itu tidak terdeteksi oleh pantauan satelit sehingga dinyatakan nihil. "Satelit NOAA 18 sampai hari ini juga hanya mendeteksi sebanyak dua titik api di Sumatera, di Riau dikabarkan nihil. Namun, faktanya masih ada titik api dengan skala kecil," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement