Ahad 30 Jun 2013 11:00 WIB

Tinggal Satu Titik Api, Pemadaman Lahan Masih Berlangsung

Rep: fenny melissa/ Red: Taufik Rachman
Titik panas kebakaran hutan di Sumatra
Foto: ANTARA
Titik panas kebakaran hutan di Sumatra

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih terus melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan dan hutan di Riau.

"Meskipun hanya ada satu titik api, operasi pemadaman kebaran dan bencana asap tetap terus dilakukan," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Ahad (30/6).Berdasarkan pantauan Satelit NOAA 18 di Riau pada Sabtu (29/6) hanya ada 1 titik api yang terdeteksi yaitu di Bengkalis.

Untuk pemadaman juga dilakukan hujan buatan, dengan tiga kali penyemaian.  Penyemaian pertama dilakukan menggunakan pesawat Cassa pada pukul 11.01 – 12.44 WIB dengan bahan semai sebanyak 600 kg NaCl di di daerah Kabupaten Siak dan bagian selatan Kabupaten Bengkalis.

Penyemaian kedua dilakukan menggunakan pesawat Cassa pukul 13.48-15.47 dengan bahan semai sebanyak 700 kg NaCl di daerah Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kampar.Penyemaian ketiga dengan pesawat Hercules pukul 14.48-16.56 dengan bahan semai 2.700 kg NaCl di daerah Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Dumai, Kabupatean Siak dan Kabupaten Kampar.

Penyemaian membuahkan hasil. Pada pukul 14.30.15.30 WIB hujan turun di Dumai dan Bengkalis. Disamping itu, pemadaman melalui water bombing menggunakan helicopter 2 Bolco  di Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir dilakukan sebanyak 29 sorti (penerbangan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement