Ahad 30 Jun 2013 01:30 WIB

BNPB Sewa Pesawat Rusia Atasi Kebakaran Lahan

Kabut asap di Riau
Foto: mongabay
Kabut asap di Riau

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menyewa satu pesawat dari Rusia jenis Fix Wing Beriey BE-200 untuk memaksimalkan upaya pemadaman kebakaran lahan di Provinsi Riau.

"Informasinya pekan depan pesawat khusus pemadam kebakaran lahan itu sudah tiba di Pekanbaru," kata kata Humas BNPB Dr. Agus Wibowo di Posko Satgas Penanggulangan Bencana Asap Provinsi Riau di Pekanbaru, Sabtu.

Penggunakan pesawat Fix-Wing ini menurut dia, sebelumnya sudah pernah dilakukan untuk pemadaman titik kebakaran lahan di Banjarmasin dan sejumlah wilayah lainnya di Sumatera.

"Dengan kedatangan pesawat khusus ini, diharapkan akan lebih mampu mengoptimalkan kerja Satgas Penanggulangan Bencana Asap Provinsi Riau," katanya.

Komandan Lanud Pekanbaru Kolonel Penerbangan Andyawan kepada Antara di Posko Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kabut Asap Provinsi Riau di Pekanbaru mengatakan pesawat Fix-Wing merupakan pesawat dengan spesifikasi yang cukup canggih.

"Pesawat ini bisa dikategorikan sebagai pesawat spesialis pemadaman kebakaran hutan dan lahan," kata Danlanud yang juga menjabat sebagai Komandan Satgas Penanggulangan Kabut Asap Provinsi Riau Bidang Udara ini.

Ia menjelaskan, pesawat Fix-Wing merupakan pesawat dengan kapasitas anggkutan lebih dari 4.000 liter air yang diharapkan bisa memadamkan titik kebakaran lahan lebih maksimal. Pesawat ini menurut dia bekerja lebih praktis dengan mengambil air di laut dengan menjatuhkan badan pesawat ke dasar laut.

"Setelah itu kemudian air dihujankan ke wilayah-wilayah lahan yang terbakar," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement